TELNET


TELNET merupakan protokol jaringan yang digunakan di Internet atau jaringan area lokal untuk memberikan fasilitas komunikasi teks interaktif dua arah berorientasi koneksi melalui virtual terminal. User data di-band diselingi dengan informasi DNS TELNET dalam sambungan data 8-bit byte berorientasi selama Transmission Control Protocol (TCP).

Telnet dikembangkan pada tahun 1969 dimulai dengan RFC 15, diperpanjang di RFC 854, dan distandarisasi sebagai Internet Engineering Task Force (IETF) Standar Internet STD 8, salah satu standar Internet pertama. Secara historis, telnet menyediakan akses ke antarmuka command-line (biasanya, dari suatu sistem operasi) pada remote host. Sebagian besar peralatan jaringan dan sistem operasi dengan TCP / IP stack mendukung layanan Telnet untuk konfigurasi jauh (termasuk sistem berbasis pada Windows NT).

Karena masalah keamanan dengan Telnet, penggunaannya untuk tujuan ini telah menyusut mendukung SSH. Istilah itu telnet juga bisa merujuk ke perangkat lunak yang mengimplementasikan sebagian dari protokol klien. aplikasi-aplikasi client Telnet yang tersedia untuk hampir semua platform komputer. Telnet juga digunakan sebagai kata kerja. Untuk telnet berarti untuk membangun koneksi dengan protokol Telnet, baik dengan klien baris perintah atau dengan sebuah antarmuka program.

Sebagai contoh, sebuah direktif umum mungkin: "Untuk mengubah password Anda, telnet ke server, login dan menjalankan perintah passwd." Sering kali, pengguna akan telnet ke sistem Unix-like server atau perangkat jaringan seperti router dan mendapatkan prompt login ke antarmuka baris perintah teks atau manajer penuh berbasis karakter layar.

0 komentar:

Posting Komentar